vimarsana.com

Card image cap


Senin, 12 Juli 2021, 09:28 WIB
Reporter : -
Prof. Zullies Ikawati, PhD. Apt.
Jakarta – Baru-baru ini ada yang sedang viral di media sosial, seorang yang menyebutkan bahwa Covid itu tidak ada, dan kematian pada pasien Covid itu adalah akibat interaksi obat. Sontak hal itu menimbulkan pertanyaan dan keresahan masyarakat, karena hal itu bertentangan dengan fakta-fakta yang selama ini dipercaya. Tulisan ini akan mengangkat tentang “interaksi obat”. Apa sih interaksi obat? Apa benar bisa menyebabkan kematian ?
APA ITU INTERAKSI OBAT?
Interaksi obat adalah adanya pengaruh suatu obat terhadap efek obat lain ketika digunakan bersama-sama pada seorang pasien. Secara umum, interaksi ini dapat menyebabkan meningkatnya efek farmakologi obat lain (bersifat sinergis atau additif), atau mengurangi efek obat lain (antagonis), atau meningkatkan efek yang tidak diinginkan dari obat yang digunakan. Karena itu, sebenarnya interaksi ini tidak semuanya berkonotasi berbahaya, ada yang menguntungkan, ada yang merugikan. Jadi tidak bisa digeneralisir, dan harus dikaji secara individual.

Related Keywords

Jakarta , Jakarta Raya , Indonesia , , Result Interaction Drugs , What It Interaction Drugs , Interaction Drugs Can Favorable , For Example , Interaction Drugs Can Detrimental , How Avoid Interaction Drugs , Interaction Drugs , ஜகார்த்தா , ஜகார்த்தா ராய , இந்தோனேசியா , க்கு உதாரணமாக ,

© 2024 Vimarsana

vimarsana.com © 2020. All Rights Reserved.