Live Breaking News & Updates on Bappenas amalia

Stay updated with breaking news from Bappenas amalia. Get real-time updates on events, politics, business, and more. Visit us for reliable news and exclusive interviews.

Penerapan Pajak Karbon Jadi Alat Menuju Indonesia Emas 2045 : Okezone Economy

Penerapan Pajak Karbon Jadi Alat Menuju Indonesia Emas 2045 : Okezone Economy
okezone.com - get the latest breaking news, showbiz & celebrity photos, sport news & rumours, viral videos and top stories from okezone.com Daily Mail and Mail on Sunday newspapers.

Germany , Indonesia , South-korea , France , Jakarta , Jakarta-raya , French , German , Bappenas-amalia , Deputy-field-economy-ministry , Body-planning-development-national , Jakarta-ministry-planning-development-national

Bappenas: Pendapatan per Kapita RI Bisa Disalip Filipina


middle income trap sebelum 2045," imbuhnya.
Dalam kesempatan yang sama, Mantan Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro menilai Indonesia sampai sekarang tidak fokus mendorong sektor manufaktur karena masih tergoda dengan keberadaan sumber daya alam (SDA).
"Keberadaan
natural resources (SDA) di kita ini yang kemudian banyak menggoda banyak pihak, baik investor dalam negeri maupun luar negeri dan juga pemerintah untuk memanfaatkan dalam jangka pendek. Kalau pendapat saya itu yang membuat rasio manufaktur terhadap PDB turun terus dari mendekati 30 persen sampai tadi 19 persen," paparnya.
Lihat Juga :
Menurutnya, keberadaan SDA Indonesia harus didorong memiliki nilai tambah (
added value) melalui proses manufaktur. Pasalnya, selama ini Indonesia masih banyak mengekspor SDA dalam bentuk mentah atau setengah jadi sehingga nilai tambahnya rendah.

Philippines , Indonesia , South-korea , Jakarta , Jakarta-raya , Bappenas-amalia , Indonesia-ministry-planning-development-national , Technology-extensive-brodjonegoro , Deputy-field-economy-ministry , Cnn , Or-body-planning-development-national , Capita-can-overtaken-philippines

Bappenas Sebut Indonesia Bisa Keluar dari Middle Income Trap pada 2036 : Okezone Economy


JAKARTA - Indonesia bisa keluar dari perangkap pendapatan menengah (middle income trap/MIT) pada 2036, jika pandemi COVID-19 tidak menyebar pada 2020.
Deputi Bidang Ekonomi Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas Amalia Adininggar mengatakan, sebelum pandemi COVID-19 menyebar di dunia, pemerintah telah menyusun dokumen Visi Indonesia 2045 yang memperkirakan Indonesia bisa keluar dari MIT pada 2036 sampai 2038 apabila pertumbuhan ekonomi mencapai rata-rata 5,7 persen per tahun sepanjang 2015 sampai 2045.
“Tentunya dunia sudah berubah. Dampak COVID-19 memberi tekanan luar biasa kepada perekonomian, tidak hanya aspek ekonomi, tapi juga sosial dan lingkungan,” kata Amalia dalam webinar di Jakarta, Rabu (4/8/2021).
Amelia mengatakan, pandemi COVID-19 membuat Indonesia harus melakukan redesain transformasi ekonomi agar bisa kembali ke level pertumbuhan ekonomi yang direncanakan. Pandemi COVID-19 tidak hanya membuat pertumbuhan Indonesia pada 2020 terkontraksi, tetapi juga menurunkan tingkat kesejahteraan penduduk.

Indonesia , Jakarta , Jakarta-raya , Bappenas-amalia , Deputy-field-economy-ministry-planning-development-national , Bappenas-call-indonesia-can-exit , Jakarta-indonesia , Vision-indonesia , Read-also , Chairman-sure-economy-indonesia-grow , Quarter-amelia , Status-indonesia

Bappenas Sebut Pandemi Covid-19 Bikin Struktur Tenaga Kerja Berubah


Bappenas Sebut Pandemi Covid-19 Bikin Struktur Tenaga Kerja Berubah
Bappenas mencatat tenaga kerja di sejumlah lapangan usaha mengalami penurunan seperti industri pengolahan, konstruksi, jasa pendidikan, administrasi pemerintahan, dan pertahanan, serta jasa keuangan dan asuransi.
Newswire
- Bisnis.com
04 Agustus 2021  |  15:25 WIB
Sejumlah buruh pabrik pulang kerja di kawasan Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten, Jumat (17/4/2020). - ANTARA FOTO/Fauzan
×
Bisnis.com, JAKARTA – Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menyampaikan sejumlah dampak di berbagai sektor ekonomi akibat pandemi Covid-19 saat ini, mulai dari tenaga kerja, kemiskinan, hingga ketimpangan.
Pertama, Bappenas menyebut struktur tenaga kerja di Indonesia berubah akibat pandemi Covid-19. Tenaga kerja mulai beralih dari lapangan kerja formal dengan produktivitas tinggi ke sektor informal.

Philippines , Indonesia , Jakarta , Jakarta-raya , Bappenas-amalia , Funds-party-third , Body-center-statistics , Body-planning-development-national , Deputy-field-economy-bappenas-amalia , Read-also , Without-acceleration , Economy-can-philippines

Bappenas: Transformasi Ekonomi Indonesia Berjalan Lambat Sejak 1998


Tribunnews.com
Amalia Adininggar mengatakan, sejak 1970 sampai krisis finansial Asia 1998, transformasi ekonomi terlihat berjalan cepat.
Rabu, 4 Agustus 2021 15:17 WIB
Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian PPN/Bappenas menyatakan, tantangan pertama menuju visi Indonesia 2045 adalah struktur ekonomi Indonesia selama puluhan tahun masih mengandalkan komoditas non olahan.
Deputi Bidang Ekonomi Bappenas Amalia Adininggar mengatakan, sejak 1970 sampai krisis finansial Asia 1998, transformasi ekonomi terlihat berjalan cepat.
"Tetapi setelah krisis finansial Asia (1998), justru transformasi ekonomi Indonesia melambat," ujarnya dalam webinar, Rabu (4/8/2021).
Bahkan, lanjut Amalia, tidak ada dorongan untuk masuk ke dalam pertumbuhan ekonomi sangat tinggi dan justru yang lebih berkembang adalah sektor jasa.

Indonesia , Jakarta , Jakarta-raya , Bappenas-amalia , Jakarta-ministry , Transformation-economy-indonesia-runs-slow-since , Report-journalist-tribunnews , Deputy-field-economy-bappenas-amalia , Optimistic-economy-grow-percent , Growth-credit , Profit-banks-so-billion